Loading...

Ponjo Luwek, Cara Tanam Unik Petani Lampung Selatan

13:50 WIB | Saturday, 24-February-2018 | Nusantara | Penulis : Kontributor

 

 

Berbagai kreasi dan inovasi dalam budidaya padi kerap dihasilkan dari petani. Diantara yang sudah terkenal adalah metode buddiaya Hazton di Kalimantan Selatan dan Salibu di Sumatera Barat. Di Lampung, ternyata petani punya metode sendiri dalam budidaya padi, terutama untuk lahan kering.

 

Di Desa Sido Waluyo,  Kecamatan Sidomulyo,  Kabupaten Lampung Selatan, petani punya cara unik untuk meningkatkan luas tambah tanam. Caranya dengan tanam sistem Ponjo Lowek. Karena memang relatif masih baru luas tanamnya hanya 30 ha.

 

Sistem tanam ini dilakukan dengan cara menanam benih yang sudah disemai dan ditanam pada lahan kering (belum ada air). Hal ini dilakukan karena petani sangat ingin menanam padi di tengah cuaca yang belum turun hujan pada waktu itu. 

 

"Alhamdulillah usaha tersebut tidak sia sia,  karena saat ini kondisi padi yang ditanam sudah berumur 35 hari, tumbuh dengan kondisi sangat baik," kata Kepala UPTD Kecamatan Sidomulyo, Didik Deky S.

 

Cara tanam sistem Ponjo Lowek menurutnya, merupakan salah satu cara petani melawan keterbatasan tidak adanya air. "Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan IP dan tentunya turut serta berkontribusi atas keberhasilan swasembada pangan," ujarnya.

 

"Jadi selama ada kemauan pasti ada jalan dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Semangat para petani Indonesia," tegas Didik. **

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162