Loading...

Hewan Lucu Wallaby dan Common Wombat ada di Surabaya

16:32 WIB | Tuesday, 06-February-2018 | Karantina | Penulis : Kontributor

Wallaby  hewan yang mirip dengan Kanguru namun berukuran lebih kecil tiba di Surabaya dari Australia (1/2).  Hewan itu bersama Common Wombat, juga dari Australia. Hewan yang satu ini lebih mirip koala tapi memang tidak sepopuler Kanguru atau Koala, Semuanya ada 3 ekor Red Necked Wallaby/Wallaby leher merah  dan 2 ekor Common Wombat (Vombatus ursinus) dari Australia Zoo .

 

 

 

Common Wombat merupakan binatang Folivora, pada umumnya makanannya berupa rumput, kulit kayu, batang kayu, alang-alang, dan lumut. Sedangkan Wallaby leher merah berciri khas; hidung serta kaki yang berwarna hitam, garis putih di bibir atas dan rambut berwarna bau-abu dengan warna kemerahan.

 

 

 

Setelah dokumen dinyatakan lengkap, hewan-hewan yang telah menempuh perjalanan berjam-jam dari Australia tersebut langsung dibawa ke Instalasi Karantina Hewan (IKH) Taman Safari II Prigen, Pasuruan untuk dikarantina.

 

 

 

Untuk memastikan bahwa hewan-hewan lucu tersebut sehat, petugas Karantina Surabaya melakukan pengamatan dan pengambilan sampel untuk diuji di laboratorium IKH Taman Safari II pada 5 Februari 2018.

 

 

 

Menurut drh Kundoro,MM.MP selaku dokter hewan yang memeriksa menyampaikan bahwa Wallaby dan Common Wombat tersebut saat ini tidak dapat disentuh secara langsung. Karena  Common  Wombat dimaksud masih liar, serta mempunyai kuku yang tajam, dan kuat sehingga sanga berbahaya untuk disentuh.

 

 

 

Sedangkan  Wallaby belum dapat disentuh, karena mudah stress sehingga hanya dilakukan pengamatan/observasi dr kejauhan mengenai gerak tubuh waktu berjalan, pola makan, warna bentuk kulit/bulu, dan konjungtiva mata.

 

 

 

Membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari untuk menyatakan bahwa hewan-hewan tersebut sehat untuk ditempatkan di kandang display dan ditangkarkan  ex-situ. Herny

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162